Template Channels ID

Iklan

ADMIN
Minggu, 20 Juni 2021, Juni 20, 2021 WIB
Tips

Kesehatan Kulit - 5 Manfaat Calendula

Kesehatan Kulit - 5 Manfaat Calendula

Calendula, atau juga dikenal Calendula officinalis merupakan tanaman marigold yang secara historis telah digunakan sebagai herbal untuk perawatan kulit.


Kelopaknya yang berwarna kuning kunyit kaya akan flavonoid-senyawa alami yang ditemukan dalam sayuran dan buah-buahan-yang telah terbukti menunjukkan aktivitas anti-inflamasi, anti-trombogenik, antidiabetik, antikanker, dan pelindung saraf melalui berbagai mekanisme.


"Calendula sudah digunakan sejak dahulu untuk kulit terasa nyaman dengan efek menenangkannya. Herbal ini memiliki kandungan yang baik terhadap tubuh dan juga kulit terutama yang sudah melewati uji klinis dari para ahli," papar Hani Permata Sari, PR & Social Media Community Manager Kiehl's Indonesia dalam keterangannya beberapa waktu lalu.


Selain untuk perawatan kulit, bunga yang berasal dari Mediterania itu sebelumnya juga digunakan sebagai pewarna keju dan mentega pada abad Pertengahan.


Berikut lima manfaat calendula untuk kesehatan kulit, sebagaimana dilansir Healthline.


1. Sebagai obat jerawat

Beberapa orang menggunakan minyak calendula untuk mengobati jerawat. Satu penelitian laboratorium menemukan bahwa ekstrak calendula mungkin berguna dalam mengobati dan mencegah jerawat vulgaris.


Anda bisa mencoba mencuci muka menggunakan pembersih calendula. Anda juga dapat mengoleskan krim calendula, minyak, atau perawatan spot ke seluruh wajah Anda atau menggunakannya untuk menargetkan area yang rawan jerawat.


2. Mempercepat penyembuhan luka

Penelitian dari 2013 menunjukkan bahwa menggunakan salep lidah buaya atau calendula bersama dengan perawatan standar mempercepat waktu pemulihan episiotomi (luka sayatan bedah).


Dalam studi tersebut, wanita yang menggunakan salep lidah buaya atau calendula setiap delapan jam selama lima hari menunjukkan perbaikan gejala seperti kemerahan, bengkak, dan memar.


Menambahkan salep lidah buaya atau calendula ke perawatan standar ternyata lebih efektif daripada menggunakan perawatan standar saja.


3. Sebagai tabir surya

Calendula mungkin bisa menjadi pilihan untuk perlindungan dari sinar matahari. Sebuah studi laboratorium 2012 menemukan bahwa minyak calendula memiliki sifat SPF sebagai campuran krim.


Namun, lebih banyak bukti diperlukan untuk mendukung krim calendula sebagai tabir surya yang memungkinkan.


4. Hidrasi kulit

Minyak calendula dapat meningkatkan penampilan kulit Anda secara keseluruhan. Satu studi menemukan bahwa krim yang mengandung ekstrak calendula dapat meningkatkan hidrasi dan kekencangan kulit.


Anda dapat mencoba mengoleskan minyak atau krim calendula pada kulit Anda dua kali sehari.


5. Bantu redakan ruam popok

Minyak calendula dapat membantu meredakan ruam popok. Sebuah penelitian kecil pada tahun 2012 menemukan bahwa krim lidah buaya efektif dalam mengobati ruam popok, namun salep calendula secara signifikan lebih bermanfaat.


Untuk meredakan ruam popok, Anda bisa mencoba mengoleskan sedikit minyak calendula sendiri atau dicampur dengan lidah buaya pada area yang terkena beberapa kali sehari.*CNN



Kabar Lainnya

X
X
×
Kabar Terbaru Update